Latest Posts :
Home » , » Inilah Batik Yang Tengah Diburu Konsumen | SYLA

Inilah Batik Yang Tengah Diburu Konsumen | SYLA

Minggu, 05 Agustus 2012 | 0 komentar

PAMEKASAN - Warga di dusun banyumas desa Klampar Kecamatan Proppo pamekasan kini harus lebih giat membatik. dusun yang terletak 12 kilo meter arah barat kota pamekasan ini, dikenal dengan kampung batik. kini pengrajin di kampung ini kebanjiran pesanan kain batik jelang lebaran. di dusun ini setidaknya ada 200 kk dari 245 kk yang setiap hari bekerja sebagai pembatik.


Salah satu warga yang kini sibuk membatik di dusun ini adalah Nurhalimah dan Faizah . keduanya dengan cekatan memberi malan pada kain-kain yang telah di beri pola sebelumnya. malan di atas belanga panas sesekali diciduk dengan canting mungil yang kemudian ditorehkan ke atas kain.
Kain batik yang sudah diberi malan dan dicelup, kemudian diluruhkan dengan air panas untuk membuang malan-malan yang menempel. kemudian dibilas dengan air tawar dan dijemur di bawah terik matahari langsung.
Para pengrajin batik di dusun Banyumas Desa Klampar Proppo Pamekasan ini ,mengaku kebanjiran pesanan menjelang hari raya. bila biasanya permintaan hanya 20 lembar per hari kini bisa mencapai 50-60, bahkan salah satu pengrajin mengaku permintaan meningkat dari 150 hingga 500 lembar per hari. rata-rata mereka bisa mengerjakan sepuluh lembar kain batik per orang, sehingga mereka kadang mengerahkan anggota keluarga lainnya termasuk anak-anak.
Sedangkan batik yang lagi ngetren dan paling diburu konsumen saat ini adalah batik motif serat kayu dan batik motif selingkuh. batik motif selingkuh adalah perpaduan beberapa warna dari batik motif serat kayu yang biasanya hanya satu warna. batik motif selingkuh lebih sulit karena harus melalui beberapa tahap pengerjaan.
Permintaan jelang lebaran semakin banyak sampai 50 lembar, biasanya hanya 20 lembar, sehari bisa menyelesaikan 10 lembar, harga bervariasi antara 60 sampai 70 ribu rupiah. Motif yang disuka serat kayu. Menurutnya, yang lagi ngetren saat ini yaitu motif serat kayu. terutama serat kayu yang selingkuh. dinamakan serat kayu selingkuh karena warna lebih dari satu. separuh putih separuh merah. lebih sulit pengerjaannya karena dua kali proses.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sobat bercomentar sesuai dengan postingan di atas,
INGAT !!! Comentator yang baik tidak menyertakan hal-hal sebagai berikut

1. Link
2. Bukan untuk promosi
3. Berbau Sara
4. Berbau negatif
5. Tidak menyakiti pihak manapun

Dan apa bila hal itu ada maka tidak segan-segan akan saya hapus

By : SYLA 4 EVER

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SYLA 4 EVER - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger